Analisis Al-Qur'an terhadap Manajemen Mutu dalam Konteks Pendidikan

Authors

  • Hurriyatul Ifadhah Ifadhah Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Delta Yaumin Nahri Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59240/kjsk.v3i2.48

Abstract

Penelitian ini disajikan dalam bentuk artikel dengan menggunakan metode penelitian kualitatif kepustakaan dengan metode tematik maudu’iy. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk dapat menjabarkan manejemen mutu dalam perspektif Al-Qur’an. Semua hal terkait mutu sudah terdapat dalam susunan suatu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 tahun 2009, yang berisi mengenai tingkatan mutu, batasan mutu, serta tujuan penjaminan mutu. Penjaminan mutu pendidikan memiliki tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang tertuang dalam pasal 1945. Manajemen mutu perspektif Al-Qur’an menghasilkan hasil berupa tafsir Qur’an yang membahas terkait mutu pendidikan melalui upaya yang dapat dilakukan seperti dapat membentuk suasana belajar yang nyaman dan kondusif, banyaknya prestasi yang diraih,adanya diklat bagi pendidik maupun tenaga kependidikan,sistem pengelolaan yang baik baik dari segi manajemen sarana prasaran, segi administrasi, manajemen pendidik dan tenaga kependikan, serta terlaksananya pendidikan yang terlaksana sesuai standar operasional pendidikan. Maka apabila beberapa upaya tersebut dapat dilaksanakan akan mendorong terciptanya pendidikan yang bermutu serta dapat membangun karakter bangsa yang cerdas.

 

References

A.Basyit. Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat, 2018.

A.Said. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah.” Jounal Evaluasi 2, no.1 (2018): 257.

Conny Semiawan dan Soedijarto. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. PT. Grasindo, 1991.

E.Sallis. Total Quality Management in Education, terj. Ahmad Ali Riadi & Fahrurozi. Ircisod, t.t.

F. Mubarok. Faktor Dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Vol. 1. 1. Management of Education, 2016.

———. Mubarok, F. (2016). Faktor Dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Management of Education, 1(1). 2016, t.t.

Nurul Hidayatul Husna. “Model Teknik Supervisi Individual Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Agama Islam Di MTs NU Wahid Hayim Salafiyah Jekulo Kudus.” Skripsi, IAIN Kudus, no. Skripsi (2019): 3.

R.Hidayat dan Wijaya. C. “Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Manajemen Pendidikan Islam.” LPPI, 2017.

S.Haningsih. “Implementasi Program Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Budaya Akademik.” El-Tarbawi 1 (2014).

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Ifadhah, H. I., & Yaumin Nahri, D. (2024). Analisis Al-Qur’an terhadap Manajemen Mutu dalam Konteks Pendidikan. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 3(2), 186–198. https://doi.org/10.59240/kjsk.v3i2.48